Tugas 3 PBKK

Bootstrap pada Code Igniter

Pada tugas ke -3 ini saya akan membuat aplikasi menggunakan template SB Admin dari Bootstrap 4. Berikut step by step dari tahapan pembuatan bootstrap ini :

1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah base url yang akan digunakan di web, kita akan menggunakan base url berikut :





2. Langkah kedua yaitu meload sebuah helper ke memori secara otomatis melalui autoload.php. cara mengaktifkan helper url. pertama buka file config/autoload.php, lalu cari $autoload['helper']. tambahkan url, sehingga menjadi seperti ini :



3. Lalu buat konstanta sit_name untuk menyimpan nama web, dapat dibuat dengan membuka file config/constants.php lalu tambahkan kode dibawah :



4. download dan ekstrak bootstrap sb admin setelah di ekstrak copy file css js dan vendor ke dalam folder code igniter kita sendiri. dan untuk folder vendor harus diganti namanya menjadi assets

5. step ke 5 adalah buat folder admin pada direktori view, dalam folder admin itu buatlah file baru bernamakan overview.php, isi dari overview.php itu akan di copas dari index.html yang ada pada folder sb admin yang kita ekstrak tadi.




6. kita perlu untuk membuat cotroller baru dengan nama Overview.php (gunakan O besar, nama file untuk controller selalu huruf besar) untuk dengan kode berikut :



7. Setelah itu buat route baru untuk controller overview. bukalah file config/routes.php, lalu tambahkan kode ini :



8. Lalu jangan lupa untuk menambahkan fungsi base_url() pada /application/overview.php agar css dan javascriptnya bisa terbaca seperti gambar dibawah ini :





9. bukalah page http://localhost/codeigniter/index.php/admin lalu tampilan akhirnya akan seperti ini 




Source Code :

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 8

Tugas 1 PBKK